Rabu, 25 Juli 2012

Manajemen Saluran Pemasaran (Marketing Channel)

oleh : Kanaidi, SE., M.Si

A. Apa Saluran Pemasaran ?


Sebagian besar produsen tidak menjual langsung produk mereka ke pemakai akhir. Antara produsen dan pemakai akhir terdapat satu atau beberapa saluran pemasaran.

Saluran Pemasaran (Saluran Perdangangan/Saluran Distribusi) are set of interdependent organizations involved in the process of making a product or service available for use or consumption (adalah serangkaian organisasi yang saling tergantung yang terlibat dalam proses yang menjadikan produk siap untuk digunakan/dikonsumsi).

Pedagang (merchants) ; beberapa perantara yang membeli, mempunyai hak, dan menjual kembali barang dagangan. Contohnya : pedagang besar dan pengecer.
Agen (agents) ; perantara yang mencari pelanggan dan dapat bernegosiasi atas nama produsen, tetapi tidak memiliki hak atas barang. Contohnya : pialang, perwakilan produsen, dan agen penjualan.
Fasilitator (facilitators) ; perantara yang membantu dalam proses distribusi, namun tidak memiliki hak atas barang atau menegosiasikan pembelian atau penjualan. Contohnya : perusahaan transportasi, gudang independen, bank, dan agen periklanan.

Keputusan menetapkan saluran pemasaran yang akan dipilih suatu perusahaan merupakan salah satu keputusan yang rumit dan menantang. Keputusan yang dipilih akan mempengaruhi semua keputusan pemasaran lainnya.


B. Mengapa digunakan Perantara Pemasaran ?


Perusahaan menggunakan perantara, jika :
a).  Mereka kekurangan sumber daya untuk melakukan pemasaran langsung.
b). Pemasaran langsung dianggap tidak layak.
c).  Mereka akan memperoleh keuntungan lebih banyak jika menggunakan perantara.

Kegunaan perantara : keunggulan efisiensi bagi perusahaan agar produk tersedia luas dan terjangkau oleh pasar sasaran.

Gambar (b) berikut memperlihatkan suatu penghematan utama karena menggunakan perantara :



 
 
Fungsi-fungsi penting yang dilakukan perantara : informasi, promosi, negosiasi, pemesanan, pembiayaan, pengambilan resiko, pemilikan fisik, pembayaran, dan pemilikan hak.


C. Tingkat Saluran Pemasaran



 
Produsen menghadapi banyak alternatif saluran distribusi untuk mencapai pasar. Mereka dapat menjual langsung atau menggunakan satu atau beberapa tingkat saluran.


Menentukan jenis saluran yang akan dipilih memerlukan ;
a).  analisis tingkat hasil pelayanan yang dibutuhkan pelanggan (service output level);
Memahami apa, di mana, kapan dan bagaimana pelanggan  sasaran membeli  produk/jasa. Saluran membuat lima hasil pelayanan, yaitu :
(1). Ukuran lot.          (3). Kenyamanan tempat.
(2). Waktu tunggu.   (4). Variasi produk.           (5). Pelayanan pendukung.

b). Penetapan tujuan dan batasan saluran.
Tujuan saluran berbeda-beda sesuai karakteristik produk, Contohnya : produk yang mudah rusak, produk berukuran besar, produk yang membutuhkan jasa pemasangan dan/atau pemeliharaan akan membutuhkan saluran pemasaran yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.
c). identifikasi dan evaluasi alternatif saluran utama.
Perusahaan  harus menentukan apakah mendistribusikan produknya secara :
a.   Distribusi eksklusif ; Jumlah perantara yang menangani produk /jasa perusahaan adalah sangat terbatas, pengendalian yang besar oelh produsen terhadap jasa dan hasil pelayanan yang ditawarkan penjual, dan mencakup strategi tidak membolehkan penjual menjual produk pesaing.
b.   Distribusi selektif ; penggunaan beberapa perantara yang bersedia menjual produk tertentu. Perusahaan tidak menghabiskan tenaganya di banyak toko, tetapi dapat mengembangkan hubungan kerjasama yang baik dengan perantara terpilih dan mengharapkan usaha penjualan di atas rata-rata.
c. Distribusi intensif ; Produsen menempatkan barang dan jasa di sebanyak mungkin toko. Strategi ini biasanya untuk produk yang mudah ditemui (convenience items).
serta harus menyatakan secara jelas syarat dan tanggungjawab tiap saluran pemasaran ; kebijakan harga, syarat penjualan, hak teritorial distributor, jasa-jasa tertentu yang harus dilaksanakan kedua pihak.
 

D. Keputusan Manajemen Saluran Pemasaran


Manajemen saluran pemasaran/distribusi yang efektif memerlukan pemilihan perantara tertentu dan memotivasi mereka. Sasarannya adalah membangun kemitraan jangka panjang yang akan menguntungkan semua anggota saluran. Anggota saluran distribusi individu harus dievaluasi secara periodik berdasarkan standar yang telah ditetapkan sebelumnya dan pengaturan saluran perlu dimodifikasi bila kondisi pasar berubah.

Saluran pemasaran ditandai oleh perubahan kontinyu dan terkadang dramatis. Tiga kecenderungan yang paling penting :
(1). Pertumbuhan sistem pemasaran vertikal ; terdiri dari produsen, pedagang besar, dan pengecer yang bertindak sebagai satu sistem yang menyatu, satu anggota saluran memiliki yang lainnya atau memberikan hak pada yang lainnya atau memiliki begitu banyak kekuatan. (Dapat berupa ; korporat, administrasi, dan kontraktual).
(2). sistem pemasaran horizontal (dua perusahaan atau lebih yang tidak berhubungan menggabungkan sumber daya/programnya untuk memanfaatkan peluang pemasaran), dan
(3).   sistem pemasaran multi-saluran (multichannel marketing) ; terjadi saat satu perusahaan menggunakan dua saluran pemasaran atau lebih untuk mencapai satu atau beberapa segmen pelanggan.

 E. Mengelola Konflik Saluran Pemasaran


Semua saluran pemasaran memiliki potensi konflik dan persaingan yang disebabkan oleh ketidaksesuaian tujuan, peran dan hak yang tidak jelas, perbedaan persepsi,  dan hubungan saling ketergantungan.
Pengelolaan konflik saluran dengan cara :
a). sasaran superordinat,
b). pertukaran orang di antara dua tingkat saluran atau lebih,
c). kooptasi dukungan pemimpin bagian lain saluran,
d). keanggotaan bersama di dalam, dan antar-asosiasi perdagangan.

Sumber : Disadur dari berbagai literatur   . . . . . . . . . . . . (baca selengkapnya)

Artikel lengkap dikompilasi oleh/hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si (Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management). e-mail ke : kana_ati@yahoo.com atau kanaidi@poltekpos.ac.id
-----------------------------------------------------
Butuh Jurnal/Artikel Lainnya?,
click di :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar